Polres Bima Kota dan Tim Gabungan, Simulasi Pengamanan Kota Jelang Pemilu Serentak 2024 - DIMENSI

Breaking

10 Agustus 2024

Polres Bima Kota dan Tim Gabungan, Simulasi Pengamanan Kota Jelang Pemilu Serentak 2024

 



Kota Bima, Dimensi.-
Sebagai wujud kesiapan mengamankan proses dan tahapan Pemilu Serentak 2024 di wilayah hukum Polres Bima Kota, melakasanakan Simulasi Pengamanan Kota (Sispam Kota)


Sispam Kota  yang berlangsung di Lapangan Serasuba Kota Bima, Sabtu 10 Agustus 2024 siang ini melibatkan Tim Gabungan.


Tm Polres Bima Kota bersama Tim Gabungan yang terdiri personil TNI Makodim 1608/Bima, Sat Brimobda Batalyon C Pelopor NTB, Sat Pol PP dan sejumlah unsur terkait lainnya.


Sispam Kota dalam rangka Pengamanan Pemilukada Serentak 2024, dipimpin dan disaksikan langsung Kapolres Bima Kota AKBP Yudha Pranata.


Hadir pula pejabat yang mewakili Dandim 1608/Bima dan segenap pejabat Forkompinda Kota Bima, Komisioner KPU dan Bawaslu Kota Bima serta para pejabat Pemkot Bima terkait.


Simulasi Pengamanan Kota merupakan rangkaian pengaman pelaksanaan Pemilu, mulai dari sosialisasi diri para Paslon, Kampanye hingga pelaksanaan  pungut hitung dan rekapitulasi hasil perhitungan suara.


Sispam Kota  yang melibatkan 450  personil gabungan dari Polres Bima Kota, personil Sat Brimobda Batalyon C Pelopor dan personil Makodim 1608/Bima, memeragakan berbagai adegan yang telah diskenariokan.


Mulai dari adegan ricuh saat kampanye, adegan keributan saat pungut hitung hingga rekapitulasi suara.


Aksi demonstrasi besar-besaran, dalam adegan Sispam Kota tersebut, terjadi saat tahapan rekapitulasi suara. Keributan massa aksi yang ingin membakar Kantor KPU dan ingin melukai Ketua Komisioner KPU, akhirnya harus menurunkan pasukan berlapis hingga menurunkan pasukan huru-hura dan pasukan elit dari Sat Brimobda Batalyon C Pelopor NTB.


Belum  berakhir sampai disitu, masaa Aksi yang semata dipukul mundur dan beberapa diantaranya diamankan, justru makin anarkis. Massa aksi menculik salah satu driver Komisioner KPU dan menyekapnya di salah rumah kosong milik warga.


Aksi anarkis massa aksi yang juga menyimpan beberapa nahan peledak di rumah warga, langsung ditindak tegas aparat gabungan dengan menurunkan Tim Jihandak, setelah sebelumnya Unit yang bertugas membebaskan driver KPU telah bekerja mengevakuasi hingga di lokasi yang aman.


Kembali ke adegan penjiankan bahan peledak, Tim Jihandak Sat Brimobda Batalyon C Pelopor NTB, dengan kerja teliti dan berpengalaman, berhasil menjinakan bom yang dihendak diledakan warga.


Setelah situasi berhasil diamankan dna warga kembali dalam kondisi tenang. Adegan berikutnya Tim Inavis langsung bekerja mengolah seluruh TKP.


Kapolres Bima Kota AKBP Yudha Pranata usai Sispam Kota, mengaku puas dengan latihan Sispam Kota, telah berjalan seusai skenario yang diharapkan.


"Sispam ini sebagai bentuk kesiapan kami dalam menjaga keamanan selama proses dan tahapan Pemilu Serentak di wilayah Hukum Polres Bima Kota,"ujar AKBP Yudha Pranata.(RED)


Tidak ada komentar:

Halaman