Kapolres Bima Kota Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Rinjani Pengamanan Pilkada 2024 - DIMENSI

Breaking

23 Agustus 2024

Kapolres Bima Kota Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Rinjani Pengamanan Pilkada 2024



Kota Bima, Dimensi.-
Guna memastikan proses dan tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 berjalan dengan aman dan kondusif, pengamanan menjadi visi yang dikedepankan.


Wujud dan aksi nyata pengamanan itu, Polres Bima Kota pada Jum'at 22 Agustus 2024 menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Rinjani 2024.


Apel pengamanan Pemiluka Serentak itu berlangsung di area parkir Pelabuhan Bima dan dipimpin langsung Kapolres Bima Kota AKBP Yudha Pranata.


Apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Rinjani 2024, dihadiri Pj Walikota Bima H Mukhtar,  Wakapolres Bima Kota Kompol Herman, DANDIM 1608 ΒΙΜΑ di wakili Oleh Danramil Rasanae/01  Kapten Inf. Seninot Sribakti Pejabat Forkompinda Kota Bima, Ketua Bawaslu dan KPU Kota Bima serta pejabat terkait lainnya.


Seluruh personil Polres Bima Kota dsri fungsi dan Satuan, personil Brimob Bima, gabungan personel Polsek Jajaran, Dishub Kota Bima, Sat Pol PP, BPBD, Damkar serta Pokdar, sebagai peserta Apel Gelar Pasukan tersebut.


Kapolres Bima Kota AKBP Yudha Pranata dalam arahannya, Apel gelar pasukan operasi mantap praja rinjani-2024” secara serentak di seluruh indonesia. 


Dilaksanakannya apel gelar pasukan ini kata Kapolres Bima Kota, merupakan bentuk pengecekan akhir dari kesiapan personel maupun sarpras pada operasi mantap praja rinjani-2024, sehingga pada tahapan pilkada serentak tahun 2024 ini diharapkan dapat terselenggara dengan aman, lancar dan damai.


Pilkada serentak tahun 2024 adalah suatu pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa. 


Hal ini sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo bahwa tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Ini pekerjaan besar yang sangat

 

"Menentukan  masa  depan  bangsa  kita,  masa  depan Negara kita” jelasnya.


Melihat pentingnya hal tersebut, maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna mensukseskan pilkada serentak 2024. Terlebih lagi, pilkada serentak 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam, serta melibatkan jumlah pemilih yang sangat besar. 


Oleh sebab itu, guna mengamankan pilkada serentak 2024 maka institusi polri dalam hal ini yang didukung penuh baik dari tni, kementerian lembaga, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya menggelar ”operasi mantap praja rinjani-2024". Operasi ini dilaksanakan selama 131 hari guna mengamankan seluruh rangkaian tahapan pilkada serentak tahun 2024.


Sebagai dukungan terhadap operasi mantap praja  rinjani-2024,  polri  juga  menggelar  operasi

 

Gatari praja-2024 untuk membangun narasi besar ”persatuan dan kesatuan, serta kemajuan bangsa diatas kepentingan kelompok” guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu sara, propaganda firehose of falsehood dan black campaign yang dilengkapi dengan satgas anti money politics serta satgas pilkada serentak damai.


Sebagai pusat kendali, koordinasi, komunikasi dan informasi (k3i), operasi ini akan didukung oleh command center di tingkat polda maupun ditingkat polres jajaran. Melalui dukungan sarpras modern dan berbagai fitur yang ada, diharapkan command center mampu mengintegrasikan data maupun informasi, sehingga seluruh personel pengamanan di lapangan dapat terorganisir secara terpadu dari pusat hingga daerah.


Operasi mantap praja rinjani-2024 tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik  untuk  memberikan  sosialisasi  dan  edukasi.(RED)

 

Tidak ada komentar:

Halaman