Bawaslu Bima Minta Bapaslon tak Mobilisasi Massa saat Mendaftar di KPU - DIMENSI

Breaking

23 Agustus 2024

Bawaslu Bima Minta Bapaslon tak Mobilisasi Massa saat Mendaftar di KPU

 


Bima, Dimensi.-
Sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum, pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur - Wakil Gubernur, Bupati - Wakil Bupati serta Walikota-Wakil Walikota, akan dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 29 Agustus. Jelang tahapan krusial tersebut, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima, telah ‘pasang kuda-kuda’ untuk awasi moment tersebut.


Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin menghimbau kepada Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bima, tidak memobilisasi massa pendukung dalam jumlah besar pada saat mendaftarkan diri di kantor KPU Kabupaten Bima.


 “Karena ini baru masuk tahapan pendaftaran Bakal Pasangan Calon, mungkin akan lebih baik para kandidat atau Partai Politik Pengusung dan partai pendukung tidak mengerahkan massa dalam jumlah yang besar,” imbaunya.


Menurut Ketua Bawaslu, imbauan yang disampaikan pihaknya tersebut sebagai upaya pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang dapat mengganggu keberlangsung proses pendaftaran bakal pasangan calon, meski keberadaan massa pendukung tersebut akan berada di luar kantor KPU. 


“Pelaksanaan Pilkada ini harus kita jaga bersama agar berjalan aman,” katanya.

Hal lain yang dikuatirkan Ketua Bawaslu, ketika Bakal Pasangan Calon memilih hari yang sama untuk datang ke KPU Kabupaten Bima. 


Jika hal tersebut terjadi, sangat besar kemungkinan bertemunya antar massa pendukung yang kira-kira dapat berpotensi pada terjadinya chaos. 


“Karena jika masing-masing mengerahkan massa dalam jumlah besar, kemungkinan-kemungkinan buruk itu bisa terjadi jika massa pendukung bertemu di titik yang sama atau berpapasan di jalan. Apalagi di Bima ini tidak begitu banyak jalur alternative untuk merekayasa arus lalu lintas,” terangnya.


Junaidin mengaku belum mengetahui persis jumlah bakal pasangan calon yang akan mendaftar untuk menjadi pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bima. Ketua Bawaslu berharap, berapapun pasangan calon yang akan berkompetisi, para pendukung hendaknya tidak saling menyudutkan satu sama lain.


 “Mari kita sambut Pilkada ini dengan riang gembira,” ajaknya.(RED)

Tidak ada komentar:

Halaman